Inodes Dan Penggunaannya Di Elanghost

Inode adalah penggunaan struktur data yang berfungsi untuk menjaga semua informasi yang tersimpan di server hosting tempat kita menginstal dan upload data web berupa file dan folder, penggunaan inode bisa kita lihat dibagian home cpanel panel sebelah kanan seperti pada gambar dibawah yang menampilkan angka atau nomor persentase penggunaanya sesuai kapasitas hosting yang diberikan pada masing masing pelanggan/paket, dalam hal ini setiap paket hosting tidak sama dalam memberi alokasi dan kapasitas inodes kepada clientnya.

Penggunaan Inodes dipetakan dalam bentuk angka yang menunjukan berapa banyak file dan folder yang kita punya dan tersimpan di server, data informasi Inodes meliputi informasi akun, email, gambar, plugin, theme dan segala jenis file lainnya yang tersimpan di server.

cpanel-main-inodes

Letak informasi inodes pada Cpanel hosting (kotak warna merah sebelah kanan)

Secara pendek dan mudah, inodes adalah jumlah file yang dapat ditampung di sebuah akun hosting. Jumlahnya bervariasi tergantung dari paket hosting yang dipesan. Tentu saja jumlah ini sudah disesuaikan dengan resource yang tersedia di paket hosting tersebut.

Batasan Inode pada hosting Elanghost
Inodes di standart hosting kami batasi dari 500k atau lebih tergantung paket hosting dalam memberikan space backup, ini menunjukan berapa kapasitas file yang masih bisa di upload kedalam cpanel host bersangkutan, jika sudah mencapai ambang batas atau limit kita masih dapat upoad file tetapi tidak akan disertakan dalam backup harian atau mingguan, dan apabila sudah melebihi limit tidak menutup kemungkinan akun kita terkena suspen dari pihak server Elanghost.

Cara Mengurangi Inode yang mendekati batas maksimal
Fungsi Inode berbeda dengan penggunaan disk space pada server hosting, tetapi mempunyai kesamaan yang identik dalam penggunaanya, yaitu sama sama menunjukan berapa kapasitas yang telah terpakai, inode lebih kepada menunjukan kapasitas dalam menjaga semua informasi dan struktur data yang tersimpan dan cara untuk meminalisir penggunaan inode juga sama dengan kapasitas disk space, kita tinggal menghapus file file yang tidak dibutuhkan seperti email, theme, plugin dll yang tidak terpakai agar tidak terbawa dalam rutinan backup sehingga tidak memenuhi kuota inode dan disk space.

Apa yang terjadi jika Inodes penuh
  • File berikutnya yang ada di hosting anda dapat tidak masuk/tersimpan, atau jika tersimpan maka dia dapat menumpuk file yang lama. Hal ini dapat menyebabkan masalah konsistensi data.
  • Hosting tidak dapat terbackup secara sempurna oleh sistem backup Elanghost.
  • Oleh karena itu jika inodes anda mulai penuh kami sarankan agar anda menghapus file-file/database/email lama yang sudah tidak digunakan kembali.


Jika masih digunakan, kami sarankan agar anda upgrade ke paket yang lebih tinggi yang memiliki inodes lebih banyak. Poin utamanya adalah untuk mengontrol penggunaan resources server dari eksploitasi yang berlebihan dari suatu pengguna atau akun hosting dengan tetap memberikan fleksibilitas bagi pengguna akun hosting untuk memanfaatkan space mereka tanpa batas. Filosofi bijaknya adalah “kebebasan yang bertanggung jawab atau kebebasan yang terkendali” terima kasih dan semoga bermanfaat

Apakah Artikel Ini Membantu?

 Cetak Artikel ini

Baca Juga

Memory Cache Server

Fungsi dari Cache Memory adalah sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang...